Mar'atu Shalihah, Shofiatul (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES JAMBI.
![[thumbnail of COVER.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of Hal. Pengesahan Shopiy.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hal. Pengesahan Shopiy.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Download (272kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (776kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator utama dalam menilai mutu
pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan kefarmasian. Kepuasan terjadi apabila pelayanan
yang diterima sesuai atau melebihi harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui profil tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek
Rawat Jalan RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak
2,563 pasien. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang dipilih berdasarkan teknik
purposive sampling. Penilaian kepuasan dilakukan berdasarkan lima dimensi
SERVQUAL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh dimensi berada pada kategori
sangat puas, dengan rincian persentase sebagai berikut: kehandalan sebesar 82,22%,
ketanggapan 81,11%, jaminan 82,70%, empati 81,40%, dan bukti fisik 81,25%.
Kesimpulan : secara keseluruhan hasil ini menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di
apotek rawat jalan RSUD H. Abdul Manap telah berjalan dengan baik, dalam kategori
sangat puas dan mendapatkan nilai persentase keseluruhan 81,84%. Meskipun demikian,
beberapa aspek masih perlu ditingkatkan terutama pada komunikasi mengenai efek
samping obat, kecepatan pelayanan, serta ketersediaan fasilitas ruang tunggu. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak rumah sakit dalam upaya
peningkatan mutu pelayanan kefarmasian dan pemenuhan kepuasan pasien secara
berkelanjutan.
Item Type: | KTI, Skripsi, Tesis, Disertasi (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, Pelayanan Kefarmasian, Rumah sakit |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Jurusan Farmasi > D3 Farmasi |
Depositing User: | SHOFIATUL MAR'ATU SHALIHAH |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 03:04 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 03:04 |
URI: | http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/id/eprint/219 |