Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi

Mar'atu Shalihah, Shofiatul (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES JAMBI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of Hal. Pengesahan Shopiy.pdf] Text
Hal. Pengesahan Shopiy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator utama dalam menilai mutu
pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan kefarmasian. Kepuasan terjadi apabila pelayanan
yang diterima sesuai atau melebihi harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui profil tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek
Rawat Jalan RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak
2,563 pasien. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang dipilih berdasarkan teknik
purposive sampling. Penilaian kepuasan dilakukan berdasarkan lima dimensi
SERVQUAL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh dimensi berada pada kategori
sangat puas, dengan rincian persentase sebagai berikut: kehandalan sebesar 82,22%,
ketanggapan 81,11%, jaminan 82,70%, empati 81,40%, dan bukti fisik 81,25%.
Kesimpulan : secara keseluruhan hasil ini menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di
apotek rawat jalan RSUD H. Abdul Manap telah berjalan dengan baik, dalam kategori
sangat puas dan mendapatkan nilai persentase keseluruhan 81,84%. Meskipun demikian,
beberapa aspek masih perlu ditingkatkan terutama pada komunikasi mengenai efek
samping obat, kecepatan pelayanan, serta ketersediaan fasilitas ruang tunggu. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak rumah sakit dalam upaya
peningkatan mutu pelayanan kefarmasian dan pemenuhan kepuasan pasien secara
berkelanjutan.

Item Type: KTI, Skripsi, Tesis, Disertasi (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Pelayanan Kefarmasian, Rumah sakit
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan Farmasi > D3 Farmasi
Depositing User: SHOFIATUL MAR'ATU SHALIHAH
Date Deposited: 22 Aug 2025 03:04
Last Modified: 22 Aug 2025 03:04
URI: http://eprints.poltekkesjambi.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item
View Item